Pesona Alam Tirta: Renang di Tengah Sawah


Salam dari aku yang terombang-ambing!

Aku habis travelling (cielah) ke Klaten nih guys. Liburanku masih lama banget dan aku jenuh di Jogja terus soalnya kalo musim libur gini kemana-mana macet! Sebel sih, tapi ya gimana lagi, risiko tinggal di kota destinasi wisata. Jadilah aku dan 2 temanku ngebolang di Klaten. Sebenernya kita pergi ke banyak tempat tapi post ini khusus buat membahas Pesona Alam Tirta. Yok langsung aja.



Pesona Alam Tirta berlokasi di Desa Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Alamatnya bisa langsung cari di maps aja yak. Kolam renang ini itungannya masih baru, mungkin baru ada 1 atau 2 tahun (atau mungkin beberapa bulan, aku gatau hehehe) karena nyari artikel tentang tempat ini masih susah banget. Aku juga nemu tempat ini karena ngubek-ngubek instagram pake hashtag exploreklaten, berharap nemu tempat-tempat wisata yang gak biasa di Klaten. Dan tentu saja akhirnya pencarianku berbuah hasil yang luar biasa karena nemu instagram resminya Pesona Alam Tirta (silahkan diklik).

Tempatnya gak luas-luas amat, tapi sangat cukup buat sekedar melepas penat. Areanya memanjang dari jalan raya sampe ke tengah-tengah sawah. Kolam renangnya ada 2, kolam dewasa (dalamnya 1 meter sampai 2 meter) dan satu lagi kolam anak yang gak tau dalamnya berapa tapi sumpah cetek banget. Ada meja kursi dibawah payung-payung buat nunggu, ada juga gazebonya tapi cuma 2 dan itu buat sharing kecuali kalian datengnya rombongan 5-6 orang. Vibenya kaya di Ubud gitu karena ada sawah di kiri kanan kolam renang, gazebo dan pohon kambojanya juga mendukung banget. Ditambah lagi ada Gunung Merapi di sebelah barat bikin pemandangannya makin cantik. Disini juga bisa sewa floaties seharga Rp10.000,- untuk dipakai 30 menit. Tapi menurutku bakal lebih karena 30 menit gak cukup buat foto-foto, aku dan temenku sewa 1 jam aja masih merasa kurang huahaha (iya emang kita ini narsis, haus akan dipotret lol).

Tapiiiiii buat kalian yang sangat peduli akan kebersihan, you might want to reconsider swimming at this place karena disini tidak diwajibkan pakai baju renang. Waktu aku kesana banyak banget pengunjung yang renangnya pake kaos dan celana pendek biasa. Percaya atau engga ada beberapa orang yang bahkan dengan santainya berenang pakai celana jeans 😭😭😭. Aku sih karena anaknya selalu positif (halah) menganggap yha celananya baru keluar dari lemari saat dia memutuskan untuk berenang memakai itu :)) tapi aku akhirnya cuma berani naik flamingo aja buat foto-foto karena parno mau nyelupin badanku di kolam WKWKWKWK.

Saranku kalau mau berenang, datanglah pagi-pagi. Jam 6 sampai jam 10 adalah waktu yang tepat karena kolamnya baru buka coy, masih sepi. Kamu bisa renang bolak-balik 200 kali tanpa nubrukin pengunjung lain. Buat foto-foto juga bagus jam segini  karena udah terang tapi belum panas-panas amat. Yang terpenting, jam segini kolamnya masih bersih! Kalau kamu cuma pengen foto-foto, jam 4 sampai jam 6 sore sangat aku rekomendasikan. Jam 4an kamu dapet foto terang, jam 5-6 kamu dapet  background Gunung Merapi karena gunungnya baru keliatan jam segitu, ditambah ada sunset yang bikin warna langit jadi oren-oren gemes. Cuma kalo sore bakal rame apalagi kalo weekend, jadi pastikan skill ngedit kamu bagus ya buat menghapus puluhan photobomb dari fotomu.

Overall, ini tetep worth it buat dikunjungi mengingat htmnya cuma Rp5000,- (iya, kami juga kaget pas bayar). Dimana lagi kamu bisa dapetin sensasi liburan di Ubud dengan harga segini?


Pesona Alam Tirta
Buka 06:00 - 18:00 WIB
HTM: Rp5.000,-
Sewa Floaties: Rp10.000,-/30 menit



Comments

Popular posts from this blog

Studio Alam Gamplong: Wisata di Indonesia Abad ke-16

Agrowisata Bhumi Merapi: Jogja Rasa Santorini